PAI KELAS X BAB 1 Pertemuan Ke-1

Pertemuan Ke-1


MERAIH KEDAMAIAN DENGAN MUJAHADAH AN-NAFS, HUSNUZHAN, DAN UKHUWWAH

Al-Qur’an menegaskan bahwa setan adalah musuh yang nyata bagi manusia. Setan selalu menggoda manusia agar terjerumus ke dalam perbuatan dosa hingga masuk ke neraka. Kita harus berlindung kepada Allah Swt. dari godaan setan, yakni dengan membaca ta’awudz. Selain setan, manusia juga digoda oleh nafsu ammarah untuk melakukan perbuatan melanggar syariat Allah Swt. Seseorang yang perilakunya dikendalikan oleh nafsu ammarah akan hidup sengsara di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang beriman untuk mengendalikan dan menahan hawa nafsu supaya hidupnya diridhai Allah Swt. 

Perilaku kontrol diri (mujahadah an-Nafs) akan menjadikan seseorang hidup damai di masyarakat. 
Kedamaian di masyarakat akan semakin kokoh jika dibarengi dengan sikap selalu berprasangka baik (husnuzhan) kepada sesama, serta menjaga semangat persaudaraan (ukhuwwah). Tentunya setiap orang ingin hidup berdampingan secara damai. Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, perilaku mulia ini perlu dijaga dengan sebaik-baiknya demi meraih kedamaian hidup di masyarakat.

1. Q.S. al-Hujurat/49: 12 tentang Berprasangka Baik (husnuzhan) 
     a. Membaca Q.S. al-Hujurat/49:12
Petunjuk Pembelajaran : 
1. Catat Materi Tersebut Kedalam Buku Catatan Mata Pelajaran PAI 
2. Beri Nama Pertemuan Ke-1 dan Tanggal Pada Buku Kalian

Tugas Mandiri :
Silahkan Klik Link Tersebut dan kerjakan tugas yang ada pada link tersebut

https://forms.gle/kbxLWeLC4VfbfQ7m7

0 comments:

Posting Komentar

 

© Copyright Bukan Ustadz | Born to Glory Template Created By : Bukan Ustadz and original template by H. Lili Rohili, S.Pd | Powered By : Blogger